Aneka Makanan Penambah ASI Untuk Ibu Menyusui

ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan pertama untuk bayi yang baru dilahirkan. Bukan hanya itu, ASI juga adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir. Hingga bayi berusia 6 bulan, ASI menjadi makanan utama bayi sebelum bayi diperbolehkan mengonsumsi MPASI atau Makanan Pendamping ASI. ASI juga penting bagi kesehatan, kecerdasan serta kekebalan tubuh bayi. Karena itulah, penting bagi ibu dalam memberikan ASI bagi buah hatinya serta sebisa mungkin tidak memberikan susu formula. Agar produksi ASI melimpah serta lancar, banyak cara yang bisa dilakukan oleh ibu. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi aneka makanan penambah ASI. Hal ini terutama karena tidak jarang ditemukan ibu yang produksi ASI-nya kurang maksimal sehingga langsung beralih menggunakan susu formula. Jangan langsung patah semangat jika produksi ASI kurang, karena aneka makanan di bawah ini akan membantu.

Bahan makanan yang dapat menambah produksi ASI ini juga dapat ditmeukan dengan mudah. Ibu juga dapat memasaknya menjadi aneka makanan lezat yang bisa dinikmati sehari-hari. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Pertama ada pepaya. Mulai dari buah, bunga hingga daun pepaya dapat dimanfaatkan guna memperbanyak produksi ASI. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, enzim papanin serta asal folat. Enzim papanin sendiri memiliki fungsi dalam membantu proses pencernaan protein. Ketika ibu menyusui, ibu akan membutuhkan lebih banyak protein. Buah pepaya juga kaya akan cairan sehingga baik dalam mencukupi kebutuhan ibu menyusui akan cairan. Pepaya dapat dikonsumsi langsung terutama pepaya yang sudah matang. Sementara pepaya mengkal cocok dibuat sup.
  2. Selain pepaya, ada juga daun katuk. Daun satu ini telah dipercaya sejak dulu dalam memperbanyak produksi ASI bagi ibu menyusui. Daun ini memiliki rasa pahit sehingga proses memasaknya harus diperhatikan agar rasa pahitnya bisa berkurang. Dalam daun katuk terutama terkandung protein tinggi yang dibutuhkan ibu menyusui. Konsumsi minimal 100 gram daun katuk tiap hari akan dapat mencukupi kebutuhan harian ibu menyusui.
  3. Makanan penambah ASI berikutnya adalah sup, namun tentu bukan sembarang sup. Sup yang memiliki fungsi dalam menambah produksi ASI di antaranya adalah sup ikan, sup ayam serta sup daging. Kuah sup akan dapat menambah cairan dalam tubuh. Sementara daging ayam atau ikan dapat menjadi sumber protein ibu menyusui.
  4. Sayuran hijau tentunya sangat bermanfaat bagi ibu menyusui karena zat besi di dalamnya akan berperan dalam pembentukan sel darah merah. Salah satunya yang bisa dikonsumsi adalah bayam. Bayam juga kaya akan vitamin, di antaranya adalah vitamin B6, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan vitamin K. Fungsi dari aneka vitamin ini terutama adalah menguatkan daya tahan tubuh pada bayi. Bayam turut mengandung aneka mineral, di antaranya adalah asam folat, riboflavin, kalsium, thiamin, magnesium, kalium serta fosfor.
  5. Selain sayuran berwarna hijau, sayuran berwarna oranye juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Termasuk di antaranya adalah wortel. Dalam wortel terkandung enzim phytoestrogens yang memiliki fungsi dalam memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Wortel juga kaya akan vitamin A. Konsumsi satu gelas jus wortel di siang hari akan dapat memperbanyak konsumsi ASI ibu pada sore harinya.

Selain aneka makanan penambah ASI di atas, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi kacang tanah mentah. Makanan satu ini kaya akan protein sehingga akan sangat baik dalam menambah produksi ASI. Namun, hindari konsumsi makanan mentah ini saat ibu masih hamil karena makanan mentah berpotensi menyebabkan terjadinya keguguran. Ibu menyusui juga membutuhkan cukup cairan agar produksi ASI bisa melimpah. Ibu harus mengonsumsi cukup air putih agar tidak sampai terjadi dehidrasi. Mengonsumsi makanan yang kaya akan air juga bisa membantu dalam mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Ibu menyusui sendiri membutuhkan setidaknya 3.1 liter air dalam sehari yang dikonsumsi secara bertahap.

Makanan tradisional yang bisa digunakan dalam meningkatkan produksi ASI ialah fenugreek. Banyak dokter yang menyarankan untuk memasukkan fenugreek dalam menu makanan agar produksi ASI bisa semakin melimpah. Biji fenugreek terutama kaya akan zat besi, kalsium, vitamin serta mineral. Akan tetapi, perhatikan untuk tidak mengonsumsi biji-bijian ini secara berlebihan. Ini karena biji fenugreek memiliki sifat diuretik. Hal ini akan dapat menghilangkan banyak air dalam tubuh terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan. Terakhir ada biji adas, yang dipercaya oleh masyarakat Jawa sejak lama sebagai salah satu makanan penambah ASI. Biji adas turut dapat membantu kolik yang terjadi pada bayi. Biji adas terutama mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk penyegaran mulut serta pencernaan. Demikian adalah aneka makanan yang bisa dikonsumsi ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *