5 Cara Merupakan Obat Ngorok Yang Ampuh

Ngorok atau mendengkur merupakan salah satu gangguan tidur, sehingga jika kamu ngorok saat tidur merupakan tanda istirahat yang tidak berkualitas. Padahal tidur berkualitas sangat mempengaruhi kesehatan dimana dapat membuat tubuh sehat bugar.

Dalam bahasa kedokteran tidur ngorok dikenal dengan nama sleep apnea, semakin besar suara yang dihasilkan maka semakin pulas tidurnya. Yang perlu kamu ketahui adalah ngorok juga memberikan dampak buruk terhadap kesehatan salah satunya dapat membuat gangguan pada fungsi otak.

Karena itu salah satu obat ngorok sendiri adalah mengubah kebiasaan buruk dan menjalankan pola hidup sehat. Terjadinya ngorok juga diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat seperti akibat obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Oleh sebab itu pengobatan yang tepat sebenarnya adalah menyesuaikan dengan penyebab ngorok itu sendiri.

1. Melakukan diet sehat

Salah satu penyebab ngorok adalah obesitas, sehingga jika penyebab ngorok kamu adalah kegemukan maka dapat melakukan diet. Tubuh yang terlalu gemuk juga membahayakan kesehatan dan merupakan sarang dari berbagai penyakit.

Sehingga melakukan diet yang sehat merupakan cara yang aman dan bagus untuk menghilangkan ngorok serta dapat membuat kamu jauh lebih sehat. Dan tidak lupa juga kamu dapat melakukan olahraga teratur agar lemak di dalam tubuh terbakar.

Kamu dapat melakukan joging, bersepeda atau pergi ke gym. Karena diet tanpa olahraga juga akan sia-sia, diet sendiri bertujuan untuk mengontrol jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh sedangkan olahraga bertugas untuk membakar penumpukan lemak. Dan tidak lupa juga kamu harus menghindari makanan yang berkolestrol, berminyak, dan junk food.

2. Tidur dengan posisi miring

Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda, hal ini tergantung dengan tingkat kenyamanan orang tersebut. Ada yang tidur dengan posisi terlentang, miring, dan tengkurap. Namun posisi tidur memiliki pengaruh terhadap munculnya ngorok, dimana tidur dengan posisi terlentang lebih rentan mengalami ngorok karena dapat membuat lidah dan daging di area tenggorokan dapat melonggar dan masuk ke dalam.

Sehingga dapat menyumbat jalur udara dan membuat munculnya suara bergetar saat tidur, karena itu kamu dapat tidur dengan posisi miring baik itu ke arah kanan maupun kiri. Tidur dengan posisi ini ampuh dapat mengatasi ngorok kamu atau kamu dapat menggunakan bantal sebagai penyokong tubuh agar dapat tidur menyamping sepanjang malam. Selain itu kamu juga dapat menggunakana bola tenis yang diselipkan pada belakang baju tidur, apabila ingin berguling untuk pindah posisi maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga membuat kamu dapat tidur dengan posisi awal.

3. Berjemur di bawah matahari

Sinar matahari memberikan manfaat yang baik untuk tubuh dimana mampu membantu pembentukan vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D sendiri memiliki peran besar dalam kesehatan kulit dan tulang manusia.

Vitamin D sendiri juga dapat mengatasi ngorok pada tidur, hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh University Hospital di Clermont-Ferrand Prancis yang menyatakan bahwa vitamin D mampu menguatkan otot pada pernapasan yang melemah apabila mendengkur.

Seperti kita ketahui bahwa penyebab ngorok karena melemahnya elastisitas otot pada saluran pernapasan, hal ini menyebabkan menyempitnya rongga udara. Apabila kamu tidur dan bernapas maka rongga saluran udara tersebut akan bergertar dan mengeluarkan bunyi dengkuran. Atau kamu dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti susu, daging, salmon, dan udang.

4. Berhenti merokok

Rokok merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan dari kaum adam, dimana tidak sah jika seorang pria tidak merokok. Hal ini terbukti dari permintaan rokok yang terus naik serta banyaknya orang di tempat umum yang merokok.

Padahal kandungan di dalam rokok sangat berbahaya sehingga dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan. Namun rokok juga menjadi pemicu untuk ngorok saat tidur.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam rokok dapat menyebabkan pembengkakan dan radang selaput lendir pada hidung sehingga menurunkan aliran udara jika bernapas. Sehingga apabila saat tidur maka dapat menghasilkan suara yang bergetar, ngorok sendiri tidak hanya dapat mengganggu kamu namun juga dapat mengganggu orang sekitar karena suaranya.

5. Membersihkan sinus

Sinus adalah ruangan kecil yang saling terhubung melalui saluran udara yang terdapat di dalam tulang tengkorak. Rongga pada sinus biasanya membuka lubang pada hidung, dimana terdapat 4 pasangan sinus yang terdapat di dalam kerangka kepala manusia yaitu di kedua batang hidung, di belakang mata, di belakang dahi, dan di belakang tulang pipi.

Apabila terjadi kemacetan aliran udara pada sinus maka tidak aneh jika kamu akan ngorok saat tidur. Jadi sangat baik apabila kamu membersihkan sinus sebelum tidur. Salah satu cara mengeluarkan kotoran yang terdapat di dalam hidung adalah dengan mengeluarkan dengan keras udara dari hidung. Selain itu jika saluran sinus terlalu kotor dan terhalang maka akan menimbulkan peradangan.

6. Menghirup uang air sebelum tidur

Salah satu penyebab ngorok adalah adanya permasalahan pada hidung yang menyebabkan tidak lancarnya aliran udara, cara membersihkan hidung yang salah justru memperparah keadaan hidung kamu.

Karena itu salah satu alternatif dalam membersihkan hidung adalah dengan menghirup uap air sehingga dapat bernafas dengan lega dan lancar. Jadi saat tidur kamu tidak akan ngorok lagi, selain murah cara ini juga tidak sulit dan tidak memakan waktu banyak. Karena kamu hanya cukup menghirup uap air selama 10 menit.

Cara ini ampuh dalam menghilangkan lendir yang merupakan penyebab tersumbatnya hidung serta dapat menghalangi udara kering yang akan masuk ke dalam hidung. Serta udara yang terhirup juga tidak terjamin kebersihannya sehingga kotoran yang ikut terhirup seperti debu akan menumpuk di dalam hidung dan jika tidak dibersihkan maka akan menyumbat saluran pernapasan.

7. Menghindari alkohol dan obat penenang

Depresi merupakan salah satu bentuk kekecewaan yang terjadi dalam waktu berkepanjangan, sehingga tidak heran jika mereka yang depresi akan melakukan hal yang diluar kendali seperti bunuh diri. Atau mereka bisa saja melimpahkan rasa kecewa tersebut dengan meminum alkohol dan obat penenang agar pikiran mereka lega.

Namun mengkonsumsi alkohol dan obat penenang dalam jangka panjang tentu tidak baik, walaupun dalam dosis rendah kedua benda tersebut dapat menekan saluran napas sehingga membuat relaksasi otot terganggu. Jadi jika kamu tertidur maka akan memunculkan ngorok.

Karena itu hindarailah mengkonsumsi barang tersebut karena dapat membuat kesehatan kamu terganggu. Dengan melakukan hal kecil ini merupakan obat ngorok yang ampuh serta tidak memakan biaya dan waktu yang banyak. Yang kamu perlukan hanyalah niat yang kuat karena bisa saja di tengah jalan kamu akan menyerah. Hal ini haruslah kamu lakukan secara teratur jika kamu ingin tidur tanpa ngorok.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *